Jumat, 25 Januari 2013

Chicken Cordon Bleu RB95


Makanan ini adalah makanan kreasi dari Amerika serikat yang diciptakan sekitar tahun 1955. Istilah Cordon Bleu bukanlah bahasa Inggris melainkan bahasa Perancis yang artinya secara luas adalah istimewa. Berbagai resep Chicken Cordon Bleu dapat ditemukan dibeberapa buku resep masakan dengan berbagai variasi sesuai selera pengarangnya.
Meski berbeda beda variasinya tetapi inti dari Chicken Cordon Bleu adalah perpaduan dari Ayam fillet, Daging asap dan Keju. Perbedaan terletak pada cara mengemasnya dan saus pelengkapnya. Yang paling banyak kita jumpai diparty adalah ketiga bahan pokok itu disusun berlapis mulai dari lembaran tipis ayam fillet ditumpangi diatasnya lembaran daging asap dan terakhir keju ( Mozarela, Slices Cheese atau Quick melt cheese ) setelah itu digulung seperti membuat rolade. Kemudian dibalut tepung terigu dan tepung panir ( tepung roti ). Sedang pelengkapnya biasanya hanya saus tomat dan saus tomat pedas.
Berikut saya akan menyajikan resep Chicken Cordon Bleu kreasi Budi Rahardjo, Jl. Semarang 95 atau biasa saya sebut ala RB 95. Dalam kreasi ini saya mengutamakan “ sensasi “ yang bakal diperoleh oleh penyantapnya yaitu ketika Chicken Cordon Bleu dipotong maka akan melelehlah keju campuran dari Mozarela dan Slices Chedar Cheese. Juga pelengkapnya bukan hanya saus tomat dan saus sambal saja melainkan kita sediakan saus ciptaan sendiri yaitu saus Barhomay.

Bahan : 

  • 6 lembar fillet dari 3 buah dada ayam
  • 6 lembar Smoke beef ( dianjurkan jangan beli yang kemasan karena terlalu tebal, jadi beli disupermarket dari daging asap olahan, biasanya berbentuk bulat panjang kemudian minta dislices dengan ukuran setipis mungkin )
  • 6 lembar Single Chedar Cheese
  • 6 potongan tipis keju Mozarela
  • 1 telor ayam diambil putihnya saja
  • 1 pack tepung roti halus ( 200 gram )
  • 2 Sdm tepung terigu

Cara membuatnya:

  1. Setiap lembar fillet dibelah tengahnya disisinya, membelahnya adalah dibagian tebalnya dan hati2 agar jangan sampai sobek tertembus pisau karena akan membuat bocor. Panjangnya kurang lebih 8 cm ( ukuran yg cukup untukmemasukan gulungan daging asap dan keju ).
  2. Siapkan lembaran keju Chedar, potong menjadi 3 bagian. Siapkan lembaran smokebeef ditalenan, taruh potongan keju tadi ditumpuk menjadi satu ditengahnya kemudian dilipat satu kali kemudian taruh potongan keju Mozarela dan teruskan melipat. Setelah itu lipatan smokebeef dan keju dimasukkan kedalam belahan fillet sampai masuk semua kemudian belahan ditutup. Agar waktu ayam digoreng keju tidak meleleh keluar maka belahan harus ditembel pake daging ayam cincang. Siapkan selembar plastic, kemudian ayam yang sudah diisi dan ditembel tadi dibungkus plastic dengan ketat setelah itu dikukus sebentar. Maksudnya dikukus adalah agar belahan yang ditembel daging cincang tadi betul2 tertutup rapat sehingga sensasi keju meleleh waktu disantap tercapai. Mengukusnya sebentar saja sekitar 2-3 menit yang penting belahanya tertutup oleh karenanya menaruhnya bagian yang ditembel dibawah. Setelah itu angkat dan biarkan dingin dan dikeluarkan dari plastic.
  3. Siapkan bahan2 untuk memanir ayam.
    Pertama : Tepung trigu dicampur air kurang lebih 100 ml menjadi adonan kental kemudian masukan putih telor dan aduk menjadi satu (Biasanya orang lain memanir dengan tepung terigu kering dan putih telor terpisah).
    Yang kedua siapkan nampan yang telah ditaburi tepung panir ( tepung roti ). Masukkan satu persatu ayam tadi kedalam adonan tepung terigu sampai seluruh permukaan terlumuri. Setelah itu taruh diatas tepung panir dan taburi dengan tepung panir sampai rata. Untuk yang belum terbiasa biasanya tepung panir menempel ditangan, oleh karenanya dianjurkan memakai sarung tangan plastic ( disposable, sekali pakai buang ) sehingga waktu memanir akan berhasil baik tanpa menempel ditangan.
  4. Setelah selesai dipanir maka ayam disimpan dilemari es satu malam agar tepung panir menyatu dengan ayam. Tutuplah dengan plastik agar tidak menjadi keras.
  5. Pada saat akan disajikan, siapkan penggorengan dengan minyak yang cukup banyak agar ayam tenggelam waktu digoreng. Panaskan minyak dengan api sedang, kemudian masukkan Chicken Cordon Bleu, goreng sampai matang kecoklatan. Hati2 saat menggoreng, harus sabar dan jangan menggunakan api besar karena akan berakibat meletus kejunya keluar. Dan yakinkan bahwa saat Chicken Cordon Bleu mateng, para penyantap sudah siap, karena kalau sudah dingin maka keju tidak akan meleleh lagi, sehingga ciri khas makanan ini tidak tercapai.
  6. Sajikan Chicken Cordon Bleu dengan saus Barhomay dengan dilengkapi Vegetable Salad dan Frenchfries ( Baked potato, Mashed Potato atau potato yang lainya ) . Jangan lupa penyajian dengan pisau dan garpu.


Saus Barhomay

  1. 3 Sdm Mayonnaise, 3 Sdm Saus Tomat pedas, 3 Sdm Madu, 2 Sdm Kecap Inggris, 2 Sdm air jahe, 1 Sdm air asam Jawa, 1 Sdm lada hitam bubuk kasar. Aduk rata
  2. Sumsum Sapi 25 – 50 gram cincang kasar dan 1 Sdm bawang putih cincang
  3. Siapkan penggorengan, masukkan 3 Sdm mentega kemudian tumis sebentar bawang putih cincang, setelah itu masukkan sumsum cincang. Aduk aduk sebentar kemudian masukkan bahan2 lainya. Setelah diaduk sebentar tambahkan 1 gelas air ( 250 ml )
  4. Tambahkan garam atau kecap asin secukupnya. Kalau kurang manis bisa ditambah gula merah
  5. Bila rasa sudah pas, tambahkan larutan 1 Sdm tepung maizena yg dicampur air untuk mengentalkan 




SELAMAT MENCOBA SEMOGA BERHASIL. BR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar